Ads 468x60px

Social Icons

Nasihat Bagi yang Belajar Ilmu Nahwu



Bismillahirrahimanirrahim. Alhamdulillahirabbil 'alamin. Wash shalatu wassalamu 'ala nabiyyina Muhammadin wa 'ala alihi wa ash habihi ajma'in. Amma ba'd.
Sesungguhnya ilmu nahwu adalah ilmu yang mulia, ilmu wasilah yang digunakan untuk mendapatkan dua perkara penting :
1. Memahami kitabullah dan sunnah RasulNya shallallahu 'alaihi wa sallam, karena pemahaman terhadap keduanya bergantung kepada pemahaman seseorang terhadap ilmu nahwu.
2.  Menegakkan lisan agar terbiasa dengan bahasa Arab yang Al Qur'an turun dengan menggunakan bahasa ini.
Oleh karena itu, memahami nahwu adalah perkara yang sangat penting. Tetapi yang namanya ilmu nahwu itu pada awalnya susah untuk dipelajari, namun akhirnya menjadi mudah. Telah dibuat permisalan kaitannya dengan hal ini, bahwa nahwu itu ibarat rumah kayu yang pintunya terbuat dari besi. Maksudnya, ilmu nahwu itu sulit untuk dimasuki, tetapi kalau engkau sudah berhasil masuk, maka menjadi mudahlah segala sesuatu.
Oleh karena hal itu, sepantasnya bagi seseorang untuk bersemangat di dalam mempelajari dasar-dasar ilmu nahwu agar pembahasan-pembahasan sisanya menjadi mudah. Tidak usah diperhatikan ucapan orang yang mengatakan,"Sesungguhnya ilmu nahwu itu susah." Akhirnya tergambar di benak penuntut ilmu bahwa dia tidak mungkin bisa menguasainya. Sesungguhnya anggapan ini tidak benar. Di dalam mempelajarinya, pusatkanlah perhatian pada awal-awal pembahasan, niscaya akan mudah bagimu akhir dari pembahasan itu.
Sebagian orang ada yang berkata juga :

Nahwu itu susah dan tangganya panjang
Jika orang yang tidak faham menaikinya
Dia ingin berkata dengan fasih
malah berucap dengan kalimat yang bukan bahasa Arab

Ini tidak benar, kami tidak sependapat dengan ucapan ini. Bahkan kita katakan,"Insya Allah, ilmu nahwu itu mudah, tangganya pendek, menaikinya pun mudah. Engkau akan memahaminya dari awal.

(Dinukil dari muqaddimah Kitab Syarh Al Ajurrumiyyah, Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin rahimahullah)